Pasca Pengakuan Yerusalem, Blockade Gaza Diperketat

gaza

Pasca pengakuan yang diumumkan oleh presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Yerusalem sebagai Ibukota Israel yang dikatakan melalui pidatonya di gedung putih pada tanggal 6 Desember lalu, membuat puisi di tepi barat Jalur Gaza semakin memanas.

Akibatnya berbagai akses blokade di Gaza semakin diperketat. Ada banyak aksesakses yang sebelumnya digunakan untuk keluar masuknya bantuan untuk penduduk Gaza sekarang ditutup. Termasuk beberapa jalur wilayah mesir yang menjadi jalur keluar masuknya berbagai bantuan untuk penduduk Gaza. Hal ini menyebabkan krisis kemanusiaan yang sebelumnya sudah pada kondisi sangat memprihatinkan kini kian memburuk. Bahkan, suarasuara tembakan dan bom kini kembali terdengar di Palestina.

gaza blokadeMelihat situasi yang kian memburuk di tanah Gaza, PKPU human Initiative mengambil tindakan untuk segera mengirim bantuan untuk masyarakat yang berada di Gaza dengan bekerja sama dengan Mitra lokal untuk mendistribusikan berbagai macam bantuan yang ditujukan untuk masyarakat kurang sejahtera di Gaza.

Bantuan yang diberikan berupa paket makanan untuk kurang lebih 3500 penduduk Gaza. Adalah Deni Kurniawan, salah seorang International Recovery team PKPU human initiative menerangkan, bahwa sanya bantuan ini diberikan sebagai respon mengenai musim dingin yang mulai turun di wilayah Gaza, yang akan membuat penduduk kurang sejahtera di gaza akan semakin kesulitan untuk mendapatkan bahan makanan untuk memenuhi kebutuhanya. Paket makanan yang didistribusikan berisi berbagai macam makanan pokok seperti Gula, Mie instan, Beras, minyak goreng, minyak zaitun, kacang – kacangan, serta keju. Tim teri International recovery PKPU human Initiative berharap paket makanan yang ditujukan untuk kurang lebih 3500 penduduk kurang sejahtera yang berada di Gaza dapat mencukupi kebutuhan makanan mereka hingga 3 minggu ke depan.

PKPU human initiative

PKPU Human initiative mengatakan akan terus memantau perkembangan Gaza dan kondisi Palestina. Upaya persiapan penyaluran bantuan untuk Gaza dan Palestina pun akan terus dilakukan sebagai respon dari krisis kemanusiaan yang semakin memburuk dari waktu ke waktu. Bantuan ini dilandasi oleh rasa kemanusiaan dan kewajiban untuk membantu sesama manusia.

 

Selain dari international recovery PKPU human Initiative, ada berbagai bantuan yang upayakan oleh berbagai negara, termasuk Indonesia. Ada banyak sekali gerakan yang dilakukan untuk membantu masyarakat di Palestina seperti salah satunya adalah penggalangan dana yang diadakan oleh para pemuda dan pemudi yang menyukai musik Korea sebagai bentuk belasungkawa atas meninggalnya salah satu Idol boyband dari Korea bernama jong-hyun yang meninggal akibat depresi dan melakukan bunuh diri.

indonesia untuk palestinaAksi ini dilakukan oleh para pemuda pemudi Indonesia yang menyukai k-pop sebagai bentuk solidaritas antar sesama manusia juga sebagai wujud bahwa meski mereka sangat menyukai segala sesuatu dari negara gingseng tersebut namun tidak membuat mereka tutup mata dengan apa yang terjadi pada saudara-saudara yang ada di Palestina.

Untuk itu mereka melakukan penggalangan dana lewat gerakan yang bernama kita bisa dengan tajuk dari jong-hyun, Indonesia untuk Palestina. Bantuan yang diadakan berupa penggalangan dana yang ditransfer melalui sebuah rekening di website kita bisa. Jadi siapa saja yang ingin memberikan bantuan dapat langsung mentransfer sejumlah uang ke rekening tersebut.

Konflik yang terjadi di Palestina ini sudah berlangsung cukup lama sehingga terjadi krisis kemanusiaan yang teramat sangat memprihatinkan di sana. Melihat kondisi ini banyak berbagai pihak yang kemudian berinisiatif melakukan tindakan-tindakan untuk dapat membantu meringankan beban masyarakat Palestina salah satunya adalah dengan mengirimkan bantuan bantuan berupa kebutuhan pokok seperti makanan, selimut, dan pakaian. Baca juga isu politik lainnya agar kamu tidak ketinggalan perkembangan politik di dunia.

Please follow and like us:

1 comment on “Pasca Pengakuan Yerusalem, Blockade Gaza Diperketat

  1. Pingback: Demo Anti Pemerintah Terjadi di Iran | Badgerblues

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *