Proses Perdamaian Palestina Dan Israel, AS Didiskualifikasi

proses perdamaian palestina dan israel, as didiskualifikasi

Negara muslim sebanyak 57 negara mengatakan bahwa amerika serikakt tidak bisa lagi memiliki peran pada proses damai antara palestina dan israel. Berita langsung dilansir pada hari rabu 13 desember 2017 dalam pertemuan KTT OKI organisasi kerja sama islam. 57 negara itu sebagai anggota sangat setuju atas kebijakan yang telah ditetapkan itu di pertemuan yang bersifat darurat di negara turki tepatnya di kota istanbul.

Anggapan negara muslim atas keputusan yang dilakukan oleh donal trump selaku presiden Amerika Serikat supaya memindahkan duta besarnya di kota yarusalem dari tel aviv menjadi suatu indikasi penarikan dari pemerintahan amerika serikat atas peran yang dimiliki sebagai sponsor dari proses perdamaian antara palestina dan israel.

57 negara islam juga sangat menyerukan bahwa yaerusalem timr adalah ibu kota palestina. Sebab Donald Trump sendiri mengakui bahwa yarusalem bagian timur merupakan ibu kota dari negara israel.

Akan tetapi, sesuai analisis yang sudah dipertimbangkan bahwa semua keputusan dari negara muslim dalam pertemuan KTT OKI tidak mempunyai banyak dampak yang baik dan mendukung palestina. Nagara-negara anggota ini dipastikan langkah yang dijalankan nantinya tergantung di atas kepentingan nasional dari setiap negara di wilayahnya masing-masing.

“Deklarasi anggota kerja sama islam sangat melampaui polemik simbolis saat nantinya meraka mampu menghasilkan suatu kebijakan yang baru. Saya sangat meragukan bahwa adanya deklarasi OKI itu bisa banyak mengarah pada hal tersebut,” ujar pejabat seniro dari royal united services institute, HA Hellyer.

Pada saat semua negara muslim bersatu dengan tujuan penentangan atas keputusan presiden amerika serikat, justru ini sangat terlihat adanya suatu hubungan yang sangat retak antara negar-negara yang ada di timur tengah.

Recip tayyip erdogan yang merupakan presiden turki ingin sekali menjadi pimpinan islam global dan tampil di depan sendiri serta sudah mencoba memberikan posisi atas isu yarusalem ini di barisan yang paling depan. Sedangkan untuk sekutu dari amerika serikat yaitu mesir dan arab saudi sudah menjalankan sistem pendekatan dengan proses yang lebih halus dan tidak kentara.

Negara mesir dan arab saudi sendsiri hanya sebatas mengirim perdana menterinya pada KTT OKI yang telah dilaksanakan itu. Sedangkan negara muslim yang lainnya, pemimpinnya sendiri yang langsung hadir dalam pertemuan yang sangat genting itu.

Sebelum pelaksanaan konferensi dibuka secara resmi oleh menteri luar negeri negara turki yaitu mevlut cavusoglu yang sangat mengkritik semua negara-negara arab atas tanggapan yang sangat datar tentang keputusan yang dilakukan oleh donald trump.

“Beberapa negara arab sudah terlihat menunjuukan respon yang tidak konsisten dan lemahnya,” ujarnya.

Please follow and like us:

1 comment on “Proses Perdamaian Palestina Dan Israel, AS Didiskualifikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *