Retno Marsudi Mendesak Semua Negara Mengakui Yarusalem Ibukota Palestina

retno marsudi mendesak semua negara mengakui yarusalem ibukota palestina

Retno marsdui yang merupakan menteri luar negeri republik indonesia mengungkapkan bahwa semua negara yang ada di dunia bisa mengakui palestina sendiri adalah negara yang sudah merdeka dan kota yarusalem adalah ibu kotanya. Ungkapan itu sudah disampaikan langsung oleh beliau pada saat bertemu dengan perwakilan tertinggi hubungan luar negeri dan keamanan yaitu federica mogherini dari uni eropa pada kamis 14 desember 2017 di negara belgia tepatnya di brussels.

“Kami sangatlah menyerukan untuk semua negara di dunia dan komunitas internasional supaya mengaui bahwa palestina adalah negara yang meredeka dan kota yarusalem bagian timur menjadi ibu kota resminya. Negara indonesia dijamin sangat menghargai kumpulan negara uni eropa yang memiliki pendirian sama dengan negara indonesia atas masalah ini,” ucap retno pada saat bertemu mogherini.

Pada rekaman video yang sudah disebarkan selama ini, retno sendiri sangat meminta betul untuk negara uni eropa supaya tidak ikut dengan langkah yang dilaksanakan oleh amerika serikat yang memindahkan secara ilegal duta besarnya untuk israel dari tel aviv menuju ke kota yarusalem. Sebab langkah yang dilakukan oleh AS sendiri sangat memberikan pengaruh besar atas konflik yang terjadi pada bagian negara timut tengah. Selain itu, juga sangat menjauhkan palestina dari hak yang selama ini diharapkan yaitu bisa berdiri sendiri atau merdeka.

Kurang lebih selama satu jam dalam pertemuan, retno sendiri langsung memaparkan hasil pertemuan bersifat luar biasa kepada negara OKI yaitu negara organisasi kerja sama islam tentang yarusalem yang telah dilaksanakan di negara turki pada hari rabu 13 desember 2017 itu.

“Saya menyampiakn yang intingan bahwa negara OKI harus bisa bersatu agar mampu menolak atas keputusan amerika serikat karena sangat melanggar atas rangakain resolusi dari dewan keamanan PBB, perserikatan bangsa-bangsa. Negara OKI sendiri sudah sudah menyepakati bahwa isu yang terjadi di palestina menjadi prioritas utama pada kebijakan luar negeri di negara masing-masing,” kata retno.

Pada kesempatan itu juga, retno sangatlah mendorong bagi negara uni eropa supaya lebih banyak dalam berkontribusi membantu betul palestina. Salah satunya adalah memberikan sejumlah bantuan secara tenis dan pembangunan kapasitas yang ada. Mogherini sendiri sangatlah mengapresiasi atas peran atif dari negara indonesia yang selalu memperjuangkan sisi kemerdekaan dari palestina itu sendiri.

Beliau juga langsung menyampaikan bahwasanya negara uni eropa bisa menyatukan suara untuk mengecam semua keputusan amerika serikat yang telah terjadi  dan beranggapan bahwa jalan keluar dari kedua negara adalah satu satunya solusi sebagai tahap penyelesaian masalah antara palestina dengan israel selama ini.

“Satu satunya jalan keluar atas konflik dua negara ini dimana nanti palestina mampu hidup secara berdampingan dengan israel. Di mana palestina menjadi negara yang sudah merdeka dan tarusalem merupakan ibu kota dari palestina. Ini adalah jalan yang mampu menjamin adanya perdamaian yang tentunya harus diciptakan,” papar mogherini.

Dengan adanya semua seruan yang sudah dikumpulkan oleh beberapa negara uni eropa dan indonesia, maka nanti bisa langsung memutuskan secara bersama dan dijamin bersatu untuk menindak lanjuti semua keputusan yang sepihak dari amerika serikat. Selain itu, dijamin apabila nanti uni eropa bisa menggugah semua negara di dunia untuk lebih mendukung keputusan dewan keamanan PBB atas semua yang sudah menjadi ketetapan bersama dari pihak PBB bukan AS.

Please follow and like us:

1 comment on “Retno Marsudi Mendesak Semua Negara Mengakui Yarusalem Ibukota Palestina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *